EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMADIYAH 1 BANTUL

Giri Agrinta, Anggriawan (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN SIMULASI KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK MUHAMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Anggriawan Giri A_12501244023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1), perbedaan capaian kompetensi ranah kognitif, siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer elektronika dasar , (2), perbedaan capaian kompetensi ranah afektif, siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer elektronika dasar ,(3), perbedaan capaian kompetensi ranah Psikomotorik, siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer elektronika dasar . Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian TAV SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 44 siswa, terdiri dari 22 siswa dari kelas X TAV1 sebagai kelas eksperimen 1 dan 22 siswa dari kelas X TAV2 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik Pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1), tidak terdapat perbedaan capaian kompetensi ranah kognitif, antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer ( x̅SK= 71,8) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer pada topik menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika (x̅trainer= 68,0), thitung < ttabel (1,008 > 2,074); sig=0,319. (2), terdapat perbedaan capaian kompetensi ranah afektif, antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer ( x̅SK= 76,6) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer pada topik menerapkan macammacam gerbang dasar rangkaian logika (x̅trainer= 71,8), thitung > ttabel (2,609 > 2,079); sig=0,013. (3) terdapat perbedaan capaian kompetensi ranah psikomotik, antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbantuan simulasi komputer ( x̅SK= 83,6) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran berbatuan trainer pada topik menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika (x̅trainer= 71,9), thitung > ttabel (2,376 > 2,074); sig=0,022.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, simulasi komputer, menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika, quasi experiment
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:38
Last Modified: 30 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59559

Actions (login required)

View Item View Item