PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERBASIS WEB

Fahrizal, Isna (2018) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TRACER STUDY PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA BERBASIS WEB. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Isna Fahrizal_12520241045.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pengumpulan data lulusan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta saat ini masih manual sehingga membutuhkan banyak waktu dan pihak yang bersangkutan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan sistem informasi tracer study Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta berbasis web. (2) mengetahui tingkat kualitas sistem informasi tracer study Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ditinjau dari aspek functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, dan portability (ISO9126). Proses pengembangan sistem informasi Sistem Informasi ini dibangun menggunakan model pengembangan Linear Sequential Model atau Waterfall Model dengan tahapan analisis, desain, implementasi, dan pengujian. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan kerangka kerja codeigniter karena memiliki performa yang tinggi sehingga lebih mudah dalam pengembangannya. Pengujian hasil pengembangan perangkat lunak dilakukan untuk mengetahui kualitasnya menggunakan standar kualitas ISO-9126 yang terdiri dari aspek functionality, reliability, usability, efficiency, maintainability, serta portability. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sistem informasi tracer study dikembangkan menggunakan kerangka kerja codeigniter dan tahap pengembangannya terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi dan pengujian, dan (2) hasil pengujian aspek functionality, mendapatkan nilai sebesar 1 sehingga dapat dikatakan “Baik” dan tidak ditemukan celah adanya SQL injection. Dalam aspek reliabilty, persentase success rate sebesar 100%. Pada aspek usability, persentase kelayakan sebesar 80,98% (baik). Pada aspek efficiency, rata-rata load time sebesar 0.7 detik. Pada aspek maintainability, memperoleh nilai MI sebesar 90,6 dengan kategori Highly Maintainable. Pada aspek portability, perangkat lunak berhasil diakses tanpa ada permasalahan melalui web browser dekstop maupun mobile.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Nurkhamid, Ph.D. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Tracer Study, Waterfall, ISO-9126
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:34
Last Modified: 30 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59557

Actions (login required)

View Item View Item