LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Syafa’atun Muslimah, Syafa’atun Muslimah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Syafa'atun M(pend.matematika) 14301241042.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa kependidikan untuk mempraktikkan teori-teori yang telah diterima selama perkuliahan. Yaitu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menimba ilmu secara empirik, tidak sekadar mengetahui suatu teori, tetapi lebih jauh untuk menerapkan teori tersebut dalam situasi sesungguhnya. Oleh karena itu, melalui PLT ini mahasiswa belajar tentang berbagai aspek pendidikan yang ada di sekolah seperti pengelolaan kelas, administrasi pengajaran, pengenalan lingkungan kependidikan. Selain itu juga memberikan pengalaman pada mahasiswa untuk mengembangkan diri menjadi tenaga profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2017 di SMA N 10 Yogyakarta telah dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi Program Mengajar dan Program Non Mengajar. Program mengajar meliputi Persiapan, Mengajar dan Evaluasi, serta Pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar. Sementara itu, Program Non Mengajar meliputi Upacara Bendera Hari Senin, Upacara Khusus, Piket, Administrasi Perpustakaan, serta mengikuti kegiatan di luar jam sekolah. Hal-hal yang perlu disusun untuk menunjang proses pembelajaran meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Materi Pembelajaran, Media Pembelajaran, serta Alat dan Bahan Evaluasi. Pada pelaksanaan PLT ini, mahasiswa mengampu mata pelajaran Matematika kelas X MIPA 1, X MIPA 2, XII IPA 1, XII IPA 2, dan XII IPA 3 dalam satu submateri pokok. Selama kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapatkan pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan di sekolah. Mahasiswa juga dapat meningkatkan pengertian, pemahaman, dan penghayatan tentang pelaksanaan pendidikan, serta mampu mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan, dan pemecahan masalah kependidikan yang ada di sekolah. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Program PLT, SMA Negeri 10 Yogyakarta, Pelaksanaan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59550

Actions (login required)

View Item View Item