LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Trias Euro Vuri Andra, Trias Euro Vuri Andra (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRIAS EURO - PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelas Sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah sebagai tempat pembentukan calon guru yang professional dan cakap di bidangnya. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta yang beralamat di JL. Gadean No.5, Ngupasan, Yogyakarta ini dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Praktik ini dilaksanakan selama 2 bulan. Sebelum melakukan Praktik Lapangan Terbimbing atau PLT praktikan harus melakukan observasi pembelajaran, dari hasil observasi tersebut maka didapatkan pembagian kelas, jadwal mengajar, rencana pembelajaran, silabus, program tahunan, program semester, dan kriteria ketuntatas minimum. Apabila observasi telah dilaksanakan maka selanjutnya pelaksanaan praktik mengajar, praktikan mengajar 2 kelas yaitu X IPS 1 dan X IPS 2 dengan mata pelajaran geografi. Namun selain mengajar praktikan juga melakukan kegiatan non mengajar yaitu seperti piket lobby dan presensi, piket perpustakaan, dll. Secara umum , proses kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan yang berarti. Manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan PLT adalah mendapat bekal pengalaman dan gambaran tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PLT memberikan pengalaman pendidikan maupun profesi yang dapat meningkatkan kemampuan calon pendidikan di bidang kependidikan, meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di bangku kuliah sekaligus memperluas wawasan dan keterampilan tentang kegiatan pendidikan dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran proses belajar mengajar di sekolah. Sebagai upaya peningkatan kualitas dan profesionalitas tenaga pengajar, kegiatan PLT perlu ditingkatkan dengan membina hubungan antar lembaga pendidikan yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59549

Actions (login required)

View Item View Item