LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Trie Kurnia Hapsari, Trie Kurnia Hapsari (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TRIE KURNIA - PENDIDIKAN GEOGRAFI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar Sarjana Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki tujuan agar dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran, melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan yang dimiliki dan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai pendidik atau tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Yogyakarta. Sekolah ini berlokasi di Jalan Gadean, No. 5, Ngupasan, Kota Yogyakarta. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 dan berakhir pada tanggal 15 November 2017. Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dibagi kedalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan (pra PLT), tahap pelaksanaan PLT, dan tahap pasca PLT. Tahap persiapan dimulai dengan melakukan kegiatan observasi kelas dan peserta didik dan juga observasi sarana dan prasarana sekolah. Kemudian dari hasil observasi tersebut didapatkanlah hasil berua pembagian kelas mengajar, jadwal mengajar, dan kriteria ketuntasan minimum peserta didik.Pada tahap pelaksanaan PLT, kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar dilakukan di dua kelas selama 4 kali pertemuan dalam satu minggu. Kelas yang diampu antara lain kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Selain kegiatan praktik mengajar di kelas yang diampu, kegiatan mengajar yang dilakukan lainnya adalah seperti penyusunan RPP, Silabus, Prota, Prosem, materi pembelajaran, media pembelajaran, penyusunan soal Ulangan Harian, melakukan bimbingan dengan Dosen Pembimbingan Lapangan dan Guru Pembimbing Lapangan, mengoreksi hasil lembar kerja siswa, dan juga mengikuti pendampingan KBM di kelas yang tidak diampu. Sementara untuk kegiatan non mengajar antara lain pelaksanaan kegiatan salam pagi, piket lobby dan presensi siswa, piket perpustakaan, kegiatan upacara bendera, dan beberapa kegiatan non mengajar lainnya. Pada pelaksanaan pasca PLT, kegiatan yang dilakukan antara lain penyusunan laporan, administrasi sekolah dan penilaian peserta didik. Metode pembelajaran yang digunakan dalam praktik mengajar di kelas antara lain Problem Based Learning (PBL), Cooperative Learning tipe Discovery Learning, Project Based Learning (PJBL), Talking Stick, dan Make a Match. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) tidak hanya sebagai wadah pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa tetapi juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut berkontribusi dalam menambah nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, semoga pelaksanaan PLT tidak hanya menjadi ajang praktik lapangan bagi para mahasiswa tetapi juga menjadi bekal ilmu yang bisa bermanfaat sebagai upaya untuk memajukan pendidikan di Indonesia

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMA Negeri 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:51
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59548

Actions (login required)

View Item View Item