LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

VANADIA ADIKA, VANADIA ADIKA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vanadia Adika(pend.Kimia 14303241041).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk mata kuliah yang bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan secara profesional, maka pelaksanaan PLT ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Kegiatan PLT Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA Negeri 10 Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan di kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 dengan mengajar mata pelajaran kimia. Materi yang telah diajarkan antara lain Kestabilan Unsur, Struktur Lewis, Ikatan Ion, Ikatan Kovalen, Ikatan Kovalen Koordinasi, Ikatan Logam, Sifat Fisik Senyawa, dan Kepolaran Senyawa Kovalen sesuai dengan silabus mata pelajaran kimia. Selain itu, praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket di lobby, piket perpustakaan, dan lain-lain. Berdasarkan program PLT yang dirumuskan, selama kegiatan PPL, praktikan dapat merealisasikan program-program tersebut. Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar sebanyak 20 jam pelajaran di kelas X yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4, serta menggantikan guru pembimbing yang sedang diklat dengan mengajar kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 sebanyak 3 jam pelajaran. Keberhasilan PLT yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari dukungan pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Kegiatan Belajar Mengajar, SMAN 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59547

Actions (login required)

View Item View Item