LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

RISKA SRI HIDAYANTI, RISKA SRI HIDAYANTI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SMAN 10 YOGYAKARTA_Pendidikan Fisika_RISKA SRI HIDAYANTI_1430221052.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PLT (Praktik Lapangan Terbimbing) merupakan salah satu wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Praktik Lapangan Terbimbing ini bertujuan mendapatkan pengalaman tenaga dalam proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik, sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada para siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. Mahasiswa berkoordinasi dengan penyelenggara PLT (LPPMP UNY) dan mendapat bimbingan atau pengarahan serta bekal sehingga mahasiswa tidak kebingungan dalam melaksanakan program PLT. Selalin itu, mahasiswa juga berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk mengurus administrasi serta mendapat guru pembimbing sesuai mata pelajaran yang akan diampu. Kegiatan PLT ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta kegiatan terakhir adalah penetapan program serta pelaksanaan program yang telah disetujui. Disamping itu ada kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu praktik persekolahan/mengajar. Kegiatan ini berupa mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing Mahasiswa. Pada pelaksanaan PLT ini, masing-masing mahasiswa tidak hanya mengampu satu kelas, namun ada yang mengampu lebih dari dua kelas. Sedangkan penulis sendiri mengampu dua kelas untuk mata pelajaran Fisika yaitu kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 setiap hari Senin dan Jumat. Dengan jumlah jam setiap minggunaya 3 jam pelajaran untuk masing-masing kelas. Program kerja kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah berjalan dengan baik. Namun dalam pelaksanaan PLT ini juga dijumpai berbagai kendala, akan tetapi kendala-kendala tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Sehingga dapat dikatakan secara keseluruhan bahwa kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) semseter ganjil tahun 2017 berjalan dengan baik dan lancar. Dengan adanya PLT ini diharapkan penulis dapat menjadi tenaga pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Fisika, PLT, SMA Negeri 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59546

Actions (login required)

View Item View Item