LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

PIPIT RACHMAWATI, PIPIT RACHMAWATI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pipit Rachmawati(pend. Kimia).pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berbunyi “Pendidikan dan Pengajaran”. Dengan adanya program ini mahasiswa dapat mengembangkan serta menerapkan ilmu yang telah didapatnya kepada siswa di sekolah. Mahasiswa berperan sebagai guru yang sebenarnya di dalam kelas. PLT ini mulai dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 s.d. 15 November 2017 yang berlokasi di SMAN 10 Yogyakarta. Sebelum praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu melakukan persiapan mulai dari observasi, membuat perangkat pembelajaran sampai dengan evaluasi. Kemudian melakukan koordinasi dan konsultasi kepada guru pembimbing di sekolah tersebut. Dalam PLT ini, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum 2013. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, praktikum, dan ceramah interaktif. Alat dan bahan pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis, LCD, spidol, dan lembar kerja peserta didik. Media yang digunakan adalah power point dan video pembelajaran. Selain kegiatan mengajar, penulis juga mengerjakan beberapa kegiatan di luar jam pelajaran (kegiatan non-mengajar), seperti tugas piket kesiswaan, dan piket perpustakaan. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali tatap muka. Dalam praktiknya, penulis telah mengajar di kelas sebanyak 18 kali pertemuan. Jam tersebut terpenuhi melalui praktik mengajar tetap di kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3. Dalam kegiatan PLT di SMA Negeri 10 Yogyakarta, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung secara nyata berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas dan kegiatan sekolah lainnya, sehingga mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dan dimiliki

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 10 Yogyakarta, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:39
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59545

Actions (login required)

View Item View Item