Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Dataran Tinggi Dieng dengan Model Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Banjarnegara

Hapsari, Laras Auliantika (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Dataran Tinggi Dieng dengan Model Discovery Learning (DL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Banjarnegara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laras auliantika hapsari-16725251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal dataran tinggi Dieng dengan model Discovery Learning (DL) materi ekosistem yang layak untuk peserta didik, (2) mengetahui efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal dataran tinggi Dieng dengan model Discovery Learning (DL) terhadap pemahaman konsep, dan (3) mengetahui efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kearifan lokal dataran tinggi Dieng dengan model Discovery Learning (DL) terhadap sikap peduli lingkungan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Uji coba produk diambil berdasarkan lokasi sekolah yaitu SMA Negeri 1 Batur letak sekolah di desa dan SMA Negeri 1 Banjarnegara letak lokasi di kota. Subjek uji coba luas pada kelas eksperimen terdiri dari 60 peserta didik dan kelas kontrol terdiri dari 60 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan, (1) lembar kelayakan LKPD, (2) lembar penilaian kelayakan silabus dan RPP, (3) angket respon peserta didik terhadap LKPD, (4) lembar soal pretest dan posttest pemahaman konsep, dan (5) angket sikap peduli lingkungan. Hasil penilaian produk oleh ahli materi dan ahli pembelajaran menunjukkan kriteria baik. Hasil analisis uji Mann-Whitney terhadap pemahaman konsep menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 (p<0.05) dan terhadap sikap peduli lingkungan menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.994 (p>0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : (1) produk LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran, (2) produk LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep, (3) penggunaan LKPD yang dikembangkan kurang efektif dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan, faktor penyebab hal tersebut karena penggunaan LKPD hanya dalam tiga kali pertemuan. Sikap terdiri dari tiga komponen: kognitif, afektif, dan konatif. Kognitif berkaitan dengan pemahaman, afektif berkaitan dengan aspek emosional, dan konatif berkaitan dengan kencenderungan untuk bertindak. Pembentukan sikap dapat terbentuk jika ketiga komponen tersebut telah terbentuk dalam diri peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kearifan Lokal, Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Sikap Peduli Lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Sep 2018 01:37
Last Modified: 06 Mar 2023 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59532

Actions (login required)

View Item View Item