LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA, D.I YOGYAKARTA

Denta Aisyah, Denta Aisyah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA, D.I YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Denta Aisyah (PJKR).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah salah satu cara mengenalkan mahasiswa dengan dunia pekerjaan yang sebenarnya. Program PLTmemiliki tujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan. Mata kuliah PLT mempunyai sasaran utama yaitu masyarakat sekolah, baik dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Kegiatan PLT diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang sangat mengesankan bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman pembelajaran. Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan di SMA Negeri 10 Yogyakarta, Yogyakarta dan berlangsung daritanggal 15 September – 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan praktikan pada PLT kali ini yaitu mengajar Mata Pelajaran Olahraga kelas XMIPA 1, XMIPA 2, XMIPA 3, X MIPA 4 ,X IPS 1, X IPS 2, XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Rancangan kegiatan PLT terdiri dari persiapan PLT, pelaksanaan PLT, dan penyusunan laporan. Persiapan Praktik Mengajar meliputi: observasi pembelajaran di kelas yaitu persiapan perangkat pembelajaran, perilaku siswa, sarana dan prasarana yang dilaksanakan pada tanggal 6 maret 2017, pembuatan persiapan mengajar yaitu persiapan diri dan pembuatan perangkat pembelajaran seperti: RPP, LKS, dan Media Pembelajaran. Pelaksanaan Praktik Mengajar meliputi: observasi lapangan dan observasi proses belajar mengajar, penerjunan dilakukan pada tanggal 15 September 2017 kegiatan pembelajaran yang dilakukan tanggal 15 September -15 November 2017 yaitu di kelas XMIPA 1, XMIPA 2, XMIPA 3, X MIPA 4 , X IPS 1, X IPS 2, XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Maka dari itu kegiatan PLT dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan Pancasila yang mana pada kegiatan PLT ini praktikan dapat menerapkan pengalamannya dalam mengajar, bukan hanya dalam bangku perkuliahan tetapi juga ilmu akademis yang lain yang eratkaitannya dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT, SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59530

Actions (login required)

View Item View Item