Profil Kemampuan Proses dan Produk Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA di Kabupaten Pacitan dilihat dari Kurikulum yang Diterapkan dan Kefavoritan Sekolah

Yustiana, Iis Aida (2018) Profil Kemampuan Proses dan Produk Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA di Kabupaten Pacitan dilihat dari Kurikulum yang Diterapkan dan Kefavoritan Sekolah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-iis-aida-yustiana-16725251035.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan proses dan produk kognitif biologi kelas XI SMA di kabupaten Pacitan dilihat dari kurikulum yang diterapkan dan kefavoritan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri di kabupaten Pacitan. Teknik pengambilan sampel menggunakan hypothetical population dengan selected sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui profil kemampuan proses dan produk kognitif peserta didik. Analisis inferensial dengan uji t-independen digunakan untuk mengetahui perbedaan capaian kemampuan peserta didik dengan beberapa variabel yang diakomodasi dan diperluas dengan uji Anova untuk melihat pengaruh kurikulum terhadap proses dan produk kognitif pada kefavoritan sekolah yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan proses dan produk kognitif biologi di kabupaten Pacitan masih termasuk sedang dengan rata-rata 48.34. Dilihat dari kurikulum yang diterapkan dan kefavoritan sekolah diperoleh p=0.000 (p <0.005) sehingga ada perbedaan yang signifikan antara proses dan produk kognitif peserta didik. Sekolah dengan K13 memperoleh rata-rata lebih tinggi dari KTSP dan sekolah yang termasuk favorit juga memperoleh rata-rata yang lebih tinggi. Selain itu terdapat hubungan antara kurikulum yang diterapkan terhadap proses dan produk kognitif pada tingkat kefavoritan sekolah yang berbeda. Hasil metakognitif menunjukkan, bahwa kemampuan metakognitif peserta didik sejalan dengan kemampuan kognitifnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Proses Kognitif, Produk Kognitif, Kurikulum, Kefavoritan Sekolah, Metakognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 08:02
Last Modified: 09 May 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59527

Actions (login required)

View Item View Item