PANDANGAN ORANG TUA ATLET BALAP SEPEDA TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM MENGIKUTI OLAHRAGA BALAP SEPEDA DOWNHILL

Mazaya, Astya Jasmine (2021) PANDANGAN ORANG TUA ATLET BALAP SEPEDA TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM MENGIKUTI OLAHRAGA BALAP SEPEDA DOWNHILL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_astya jasmine mazaya_16601244005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lingkup sosiokultural masyarakat yang masih memandang tabu wanita yang menggeluti olahraga balap sepeda downhill, karena wanita cenderung memiliki sifat feminis sedangkan olahraga balap sepeda downhill lebih ke olahraga maskulin yang extream dan lebih banyak diikuti oleh kaum laki-laki. Sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui cara pandang orang tua atlet balap sepeda dari sisi laki-laki dam perempuan yang dimana masyarakat mengkonstuksikan olahraga downhill adalah olahraga yang dipeuntukan untuk laki-laki dan bagaimana mereka menyikapi pandangan dari masyarakat mengenai keterlobatan anak perempuan mereka diolahraga downhill. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam guna memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Hasil wawancara direkam dengan alat perekam digital dan ditranskrip untuk keperluan analisis. Analisis data dibantu dengan aplikasi atlas.ti 8. Partisipan dalam penelitian ini adalah 5 pasang orang tua atlet perempuan downhill terdiri dari 5 ayah dan 5 Ibu. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pandangan orang tua atlet balap sepeda downhill terhadap partisipasi perempuan dalam mengikuti olahraga downhill menyatakan bahwa olahraga balap sepeda downhill adalah olahraga yang sudah lumrah diikuti kaum perempuan diera saat ini. Menurut mereka tidak ada batasan antara laki-laki dan perempuan di dunia olahraga. Meraka mendukung penuh anak perempuan mereka mengikuti olahraga downhill baik dukungan moral maupun dukungan materi, namun dibalik itu kekhawatiran orang tua masih dirasakan ketika anak perempuan mereka bertanding di medan seextream downhill.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: balap sepeda
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Feb 2021 09:17
Last Modified: 03 Feb 2021 09:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59523

Actions (login required)

View Item View Item