PENGEMBANGAN TRAINER TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL BERBASIS APLIKASI INDUSTRI

Mustika, Istiqomah Ayu (2018) PENGEMBANGAN TRAINER TEKNIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK TEKNIK DIGITAL BERBASIS APLIKASI INDUSTRI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Istiqomah Ayu Mustika_14502244007.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan, mengetahui unjuk kerja, dan mengetahui tingkat kelayakan trainer teknik digital sebagai media pembelajaran mata kuliah praktik teknik digital jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan 9 tahapan prosedur pengembangan yang meliputi: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, 6) Ujicoba produk, 7) Revisi produk, 8) Ujicoba pemakaian, 9) Revisi produk. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran Trainer Teknik Digital sedangkan subjeknya merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Elektronika jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika FT UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuisioner sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Media pembelajaran yang dikembangkan berupa trainer teknik digital dengan pengaplikasian berbasis industri yang dilengkapi dengan jobsheet dan manual book, 2) Unjuk kerja media pembelajaran trainer teknik digital berfungsi dengan baik dan stabil pada setiap bagian maupun secara keseluruhan. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapat presentase 79,41% yang dengan kategori sangat layak dan penilaian oleh ahli media mendapat presentase 86,25% dengan kategori sangat layak. 3) Tingkat kelayakan media pembelajaran trainer teknik digital oleh 36 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT UNY memperoleh presentase sebesar 85% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Paktik Teknik Digital jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Dra. Umi Rochayati, M.T. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teknik digital, trainer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:28
Last Modified: 30 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59517

Actions (login required)

View Item View Item