Efektivitas Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Bali

Putra, Ida Bagus Ardhi (2018) Efektivitas Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Bali. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ida-bagus-ardhi-putra-16707251007.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II antara kelas yang menggunakan metode blended learning dengan kelas yang menggunakan metode konvensional, (2) perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II antara kelas yang menggunakan metode blended learning dengan kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode blended learning dan kelompok control yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian adalah mahasiswa semester II tahun ajaran 2017/2018 Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bali yang berjumlah 195 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 mahasiswa terbagi atas 52 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan 48 mahasiswa sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran sebagai variable bebas, hasil belajar sebagai variabel terikat dan motivasi sebagai variabel moderator. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Anava Dua Jalur dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II pada kelas yang menggunakan metode blended learning dengan kelas yang menggunakan metode konvensional (p=0,000 < 0,05), (2) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Dasar Keperawatan II antara kelas yang menggunakan metode blended learning dengan kelas yang menggunakan metode konvensional ditinjau dari motivasi belajar (kelompok motivasi tinggi p=0,000 < 0,05, kelompok motivasi rendah p=0,000 < 0,05), dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar (p=0,630 > 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: blended learning, konvensional, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 03:44
Last Modified: 09 May 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59516

Actions (login required)

View Item View Item