Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi pada Kemampuan Penalaran, Kemampuan Representasi dan Efikasi Diri Siswa SMP

Basuki, Windi Agustiar (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi pada Kemampuan Penalaran, Kemampuan Representasi dan Efikasi Diri Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-windi-agustiar-basuki-16709251055.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran lingkaran berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berorientasi pada kemampuan penalaran, kemampuan representasi dan efikasi diri siswa dengan kualitas baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 44 siswa yang berasal dari kelas VIII di suatu SMP Negeri di Pangkalpinang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, tes kemampuan penalaran,tes kemampuan representasi, dan angket efikasi diri siswa. Perangkat pembelajaran matematika dikatakan efektif jika proporsis siswa yang mencapai nilai KKM lebih dari 75% berdasarkan tes kemampuan penalaran dan kemampuan representasi dan proporsi siswa yang memenuhi kategori minimal tinggi lebih dari 75% berdasarkan angket efikasi diri. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berorientasi pada skemampuan penalaran, kemampuan representasi dan efikasi diri siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan valid dengan kategori sangat baik. Perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan kategori baik berdasarkan hasil penilaian guru dan siswa, dan kategori sangat baik berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan mencapai kategori efektif ditinjau dari tes kemampuan penalaran, tes kemampuan representasi dan angket efikasi diri siswa. Hasil tes kemampuan penalaran dan kemampuan representasi menunjukkan proporsi siswa mencapai nilai KKM lebih dari 75%. Kemudian hasil angket efikasi diri menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi lebih dari 75%. Oleh karena itu perangkat yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, kemampuan penalaran, kemampuan representasi, efikasi diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 03:37
Last Modified: 09 May 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59515

Actions (login required)

View Item View Item