KEEFEKTIFAN MASASE DENGAN TERAPI PANAS TERHADAP PEMULIHAN GANGGUAN FLEKSIBILITAS OTOT DAN PENURUNAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA SISWA SSB “TIDAR JAYA” ARJOWINANGUN

Pardede, Wimpi (2018) KEEFEKTIFAN MASASE DENGAN TERAPI PANAS TERHADAP PEMULIHAN GANGGUAN FLEKSIBILITAS OTOT DAN PENURUNAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA SISWA SSB “TIDAR JAYA” ARJOWINANGUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi 1.0.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Atlet sepak bola sering mengalami kelelahan baik dalam latihan maupun dalam pertandingan. Banyak pemain mengalami gangguan fleksibilitas dan penurunan kekuatan otot akibat kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan masase dengan tambahan aplikasi panas berupa gel terhadap gangguan fleksibilitas otot dan penurunan kekuatan otot tungkai siswa SSB “Tidar Jaya” Arjowinangun, Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pengukuran diberikan sebelum dan sesudah diberkan treatmen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SSB “Tidar Jaya” Arjowinangun yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian sebanyak 28 orang ditentukan dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan oleh peneliti. Data dikumpulkan dengan metode tes dan pengukuran. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan menggunakan oneway anova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masase dengan tambahan aplikasi panas terbukti efektif terhadap fleksibilitas otot tungkai dengan hasil analisis mean sebesar 14,500, keefektifan terendah sebesar 13,072 dan kefektifan tertinggi sebesar 15,927 secara signifikan dengan nilai P(0,000). Masase juga efektif terhadap kekuatan otot tungkai berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai mean sebesar 232,36 dengan keefektifan terendah sebesar 222,88 dan keefektifan tertinggi mencapai 241,83 secara signifikan dengan P(0,012).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: masase, terapi panas, fleksibilitas otot, kekuatan otot, kelelahan, dan pemain sepak bola.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 17:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59507

Actions (login required)

View Item View Item