Capaian Kemampuan Proses dan Pengetahuan Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA di Kabupaten Lampung Barat ditinjau dari Akreditasi Sekolah dan Lama Mengajar Guru

Sari, Tika Mayang (2018) Capaian Kemampuan Proses dan Pengetahuan Kognitif Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA di Kabupaten Lampung Barat ditinjau dari Akreditasi Sekolah dan Lama Mengajar Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tika-mayangsari-16725251011.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi capaian kemampuan proses dan Pengetahuan kognitif biologi peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Lampung Barat ditinjau dari akreditasi dan lama mengajar pada semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA di Lampung Barat tahun 2016/2017. Sampel penelitian terdiri dari 2 sekolah berakreditasi A dan 2 akreditasi B, menggunakan selected sample dan hipotetical population. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan proses dan pengetahuan, serta nontes berupa kuisioner atau Metacognitive Awarness Inventory (MAI) untuk mengukur pengetahuan metakognitif peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial yang menggunakan uji t dan anova Hasil penelitian menunjukan bahwa ketercapaian kemampuan proses dan pengetahuan kognitif biologi di Lampung Barat masih rendah. Berdasarkan akreditasi dan lama mengajar diperoleh nilai p = 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan capaian proses dan pengetahuan kognitif peserta didik antara sekolah berakreditasi A dan B atau berdasarkan lama mengajar guru. Nilai tertinggi diperoleh oleh peserta didik dari sekolah akreditasi A dan diampu oleh guru yang lebih lama mengajarnya. Capaian pengetahuan metakognitif terrtinggi diperoleh oleh peserta didik dari sekolah akreditasi A dan diajar oleh guru yang memiliki waktu lama mengajar yang pendek.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Proses, pengetahuan, kognitif, akreditasi, lama mengajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:46
Last Modified: 09 May 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59505

Actions (login required)

View Item View Item