Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Green Economy Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik IPA dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Purwojati

Kodirin, Kodirin (2018) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Green Economy Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik IPA dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 1 Purwojati. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kodirin-167082510002.swf

Download (5MB)
[img] Text
produk-kodirin.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis green economy materi bioteknologi yang layak digunakan dalam pembelajaran, (2) menguji keefektifan SSP IPA berbasis green economy dalam meningkatkan keterampilan praktik IPA (KPI) dan minat wirausaha (MW) peserta didik SMP Negeri 1 Purwojati. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall (1993). Prosedur penelitian terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan SSP IPA, (3) pengembangan SSP IPA (4) uji coba terbatas SSP IPA, (5) revisi I SSP IPA (6) uji coba lapangan SSP IPA (7) revisi II SSP IPA, (8) diseminasi SSP IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian SSP IPA berbasis green economy, lembar observasi keterampilan praktik IPA, angket minat wirausaha, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan pretest-posttes control group design dengan subyek penelitian sebanyak 31 siswa pada kelas eksperimen maupun kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji manova, dan uji korelasi. Hasil penelitian ini berupa (1) SSP IPA berbasis green economy materi bioteknologi yang dinilai baik dan layak untuk digunakan menurut ahli, guru IPA, maupun teman sejawat dengan rata-rata persentase keidealan produk sebesar 88,68%. (2) KPI dan MW peserta didik meningkat sebesar 39% dan 24% setelah mengikuti pembelajaran IPA berbasis green economy. Peningkatan KPI dan MW dibuktikan dengan perolehan hasil uji manova sebesar Fhitung= 21, 412 dan Fhitung= 8,133 lebih besar dari nilai Ftabel= 4,00 pada signifikansi uji 5% (α = 0,05). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa produk SSP IPA berbasis green economy materi bioteknologi layak digunakan dalam pembelajaran dan mampu untuk meningkatkan KPI dan MW peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Purwojati.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP IPA, green economy, bioteknologi, keterampilan praktik IPA, minat wirausaha
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:32
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59502

Actions (login required)

View Item View Item