Evaluasi Terhadap Penilaian Proses dan Hasil Belajar PPKn di SMA N se-Kabupaten Gunungkidul.

Widiyanto, Delfiyan (2018) Evaluasi Terhadap Penilaian Proses dan Hasil Belajar PPKn di SMA N se-Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-delfiyan-widiyanto-16730251023.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi (1) pelaksanaan penilaian proses pembelajaran PPKn di SMA N se-Kabupaten Gunugkidul dan (2) pelaksanaan penilaian hasil belajar PPKn di SMA N se-Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model discrepancy dengan menggunakan 4 langkah mulai dari perencanaan sampai pembandingan program. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Uji validitas instrumen angket, dokumentasi dan observasi menggunakan validasi isi, dan instrumen angket ditambah dengan validasi konstruk. Uji reliabilitas menggunakan formula koefisien alpha (α) Cronbach. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penilaian proses pembelajaran PPKn terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan laporan penilaian proses pembelajaran. Adapun temuan penelitian dinyatakan bahwa: perencanaan penilaian proses pembelajaran mendapat kesenjangan sebesar 2.743 % termasuk kategori sangat baik. Pelaksanaan penilaian proses pembelajaran mendapat persentase kesenjangan sebesar 6.3914 % termasuk kategori sangat baik, dan laporan penilaian proses pembelajaran mendapat persentase kesenjangan sebesar 44.875 % termasuk kategori baik. (2) Penilaian hasil belajar PPKn terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan laporan penilaian hasil belajar. Adapun temuan penelitian dinyatakan bahwa: perencanaan penilaian hasil belajar mendapat persentase kesenjangan sebesar 8.7% termasuk kategori sangat baik. Pelaksanaan penilaian hasil belajar mendapat persentase kesenjangan sebesar 9.9265 % termasuk kategori sangat baik, dan laporan penilaian hasil belajar mendapat persentase kesenjangan sebesar 4.6875 % termasuk kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penilaian proses dan hasil belajar PPKn di SMA N se-Kabupaten Gunungkidul termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Proses Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, dan Model Discrepancy
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:01
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59478

Actions (login required)

View Item View Item