PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Aswara, Sandi and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk media pembelajaran fisika berbasis video yang layak untuk meningkatkan minat dan kepemahaman konsep, (2) mengetahui seberapa tinggi peningkatan minat siswa dalam belajar fisika dengan menggunakan media pembelajaran fisika berbasis video, dan (3) mengetahui seberapa tinggi peningkatan pemahaman konsep siswa dalam belajar fisika dengan menggunakan media pembelajaran fisika berbasis video. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa SMA N 1 Depok kelas XI MIA 3 sejumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4D. Pendefinisian (define) adalah tahap awal pengembangan media yang didasarkan pada analisis tugas dan analisis konsep. Perancangan (design) adalah tahap kedua dari pengembangan media ini yang bertujuan untuk menghasilkan desain awal dari media yang akan dikembangkan. Tahap berikutnya adalah pengembangan (develop) yang terdiri dari pengujian tahap pertama meliputi validasi dari ahli media dan ahli materi, pengujian tahap kedua meliputi validasi dari guru fisika, dan tahap uji coba meliputi respon siswa terhadap media, beserta pemberian angket minat dan juga soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis masing-masing data adalah Percentage of Agreement dan konversi nilai kuantitatif ke kualitatif untuk validasi video dan konversi nilai kuantitatif ke kualitatif dan gain ternormalisasi untuk data minat dan test siswa. Tahap terakhir adalah penyebaran (disseminate) yaitu dengan memberikan media kepada guru fisika siswa SMA N 1 Depok. Hasil pengembangan media ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran fisika berbasis video ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dengan pokok bahasan momentum dan impuls, 2)penggunaan media pembelajaran fisika berbasis video dapat meningkatkan siswa dengan nilai gain 0,14(kategori rendah) minat belajar, dan 3)media pembelajaran fisika berbasis video dapat meningkatkan kepemahan konsep dengan nilai gain 0,34 (kategori sedang). Kata kunci : Video, Minat Belajar, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59472

Actions (login required)

View Item View Item