Keefektifan LKPD Materi Energi pada Model Pendidikan Lingkungan Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan dan Literasi Sains di SMP

Ekantini, Anita (2018) Keefektifan LKPD Materi Energi pada Model Pendidikan Lingkungan Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan dan Literasi Sains di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anita-ekantini-16708251009.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan secara teoritis LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains; dan (2) kelayakan secara empiris LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) model 4-D yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu; (1) pendefinisian (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pandak dengan subjek coba peserta didik kelas VII Semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik tes, menggunakan soal literasi sains, dan (2) teknik nontes menggunakan lembar validasi produk, lembar respon keterbacaan peserta didik terhadap LKPD hasil pengembangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan, dan lembar observasi literasi lingkungan peserta didik. Kelayakan LKPD dianalisis secara kualitatif berdasarkan konversi skor skala lima. Keefektifan penerapan LKPD hasil pengembangan pada uji lapangan utama dianalisis menggunakan uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan secara teoritis layak untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains, dan (2) LKPD IPA berbasis pendidikan lingkungan berkelanjutan yang dihasilkan secara empiris layak untuk meningkatkan literasi lingkungan dan literasi sains.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan lingkungan berkelanjutan, LKPD IPA, literasi lingkungan, literasi sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:25
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59466

Actions (login required)

View Item View Item