Laporan Individu PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Putri Rizkyana Rahmawati, Putri Rizkyana Rahmawati (2017) Laporan Individu PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT PUTRI RIZKYANA RAHMAWATI 14804241017_2.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan suatu lembaga yang menghasilkan tenaga pengajar, dengan latar belakang kampus kependidikan. Universitas Negeri Yogyakarta memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas dari pendidikan, dimana dengan pemahaman peran tersebut dihareapkan mampu untuk menghasilkan lulusan yang lebih baik dan lebih professional dibidangnya. Salah satu model yang di tetapkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilakukan secara terpadu PLT memiliki misi untuk membentuk tenaga kependidikan dalam membentuk serta peningkatan kemampuan individu secara professional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh oleh seluruh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan ini penyusun laporan PLT melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK Piri 3 Yogyakarta. Praktik ini bertujuan untuk memperoleh suatu pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang dapat digunakan sebagai bekal untuk menjadi seorang tenaga kependidikan Peserta Praktik Latihan Terbimbing diharapkan memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dan ix dibutuhkan sebagai seoran tenaga pendidik. Pelaksanaan kegiatan PLT dilaksanakan mulai dari kegiatan observasi hingga pelaksanaan PLT, yang kemudian terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan praktik lapangan terbimbing, dan analisis hasil pelaksanaan serta refleksi. Dari Hasil Observasi yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari – 3 Maret 2017 dapat diketahui beberapa permasalahan di lingkungan sekolah maupun potensi yang sebenarnya mampu dikembangkan oleh sekolah namun belum diberdayakan. Adapun kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing yang dilakukan meliputi persiapan mengajar, pelaksanaan PLT, dan yang terakhir Analisis Hasil Pelaksanaan dan Refleksi. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 September- 15 November 2018. Pada pelaksanaannya mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan tatap muka dengan peserta didik lebih dari 8 kali. Pelaksanaan PLT di lakukan di kelas XI Akuntansi, XI Administrasi Perkantoran, XI Multimedia. Hasil dari pelaksanaan PLT dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa ilmu pengetahuan serta pengalaman mengajar di bidang kewirausahaan, dengan hal ini siswa juga diharapkan mampu menerapkan kegiatan kewirausahaan di luar sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, teap masih ada beberapa hambatan dalam pelaksanaan PLT. Penyususn menghimbau supaya hubungan kerja sama antara pihak sekolah dan UPLT-UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mengajar, Kewirausahaan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59464

Actions (login required)

View Item View Item