PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Fitri Maedita Syarifuddin, Fitri Maedita Syarifuddin (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMK PIRI 3 YOGYAKARTA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK PIRI 3 Yogyakarta pada tanggal 15 September s/d 15 November 2017. PLT bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri sebagai tenaga pembimbing dan pendidik yang professional. Pada Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang dilaksanakan di SMK PIRI 3 Yogyakarta, praktikan akan memberikan program layanan Bimbingan dan Konseling. Dalam PLT BK, praktikan akan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal meliputi keempat bidang layanan BK yakni bidang pribadi, bidang sosial, bidang belajar, dan bidang karier, layanan informasi berupa papan bimbingan, layanan pengumpulan data berupa sosiometri dan analisis data pribadi. Praktikan juga melakukan pemberian bantuan responsif berupa konseling individual, konseling kelompok, dan home visit. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK PIRI 3 Yogyakarta, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan enam materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karier. Pengalaman yang diperoleh selama PLT meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi keempat bidang layanan BK. Layanan informasi dilakukan melalui diskusi-diskusi kecil pada saat melakukan bimbingan klasikal maupun diluar kegiatan belajar megnajar. Layanan responsive berupa konseling individual dilaksanakan sebanyak satu, konseling kelompok sebanyak dua kali, dan home visit sebanyak satu kali. Dalam pelaksanaan PLT selama dua bulan, praktikan memiliki beberapa program kerja yang tidak terlaksana seperti membuat poster dan leaflet karena terkendala oleh waktu sedangkan, untuk program pemberian bantuan seperti alih tangan kasus tidak terlaksana dikarenakan tidak terdapat kasus yang memerlukan program tersebut. Praktikan juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan daftar kasus siswa, konseling individual, konseling kelompok, bimbingan klasikal secara riil di lapangan, serta home visit. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut, praktikan menjadi mengerti dan dilatih untuk menjadi lebih terampil dalam melaksanakan tugas layaknya seorang konselor professional. Di SMK PIRI 3 Yogyakarta, mahasiswa melakukan bimbingan klasikal sebanyak 6 kali yakni di kelas, X MM2, XI AK, X AK, XII AK, XI MM, dan XI AP. Dari program layanan bimbingan klasikal tersebut, praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi, dan bekerjasama dengan seluruh guru, staff dan karyawan bahkan orang tua siswa guna berlatih menjadi seorang konselor yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMK PIRI 3 Yogyakarta, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59462

Actions (login required)

View Item View Item