PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN MATERI PENGOLAHAN SEREALIA DAN UMBI DI SMP NEGERI 4 KALASAN

Lestari, Dwi Adis (2018) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA ASPEK PENGOLAHAN MATERI PENGOLAHAN SEREALIA DAN UMBI DI SMP NEGERI 4 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_DWI ADIS LESTARI_11511244025.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) membuat buku saku pembelajaran pada mata Prakarya aspek Pengolahan Bahan Pangan serealia dan umbi dan (2) menilai kelayakan buku saku pembelajaran sebagai media pembelajaran pada mata Prakarya Aspek Pengolahan Bahan Pangan Serealia dan Umbi di kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian research & development melalui beberapa tahap yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, dan uji coba produk. Aspek yang diamati meliputi aspek materi, media, dan secara keseluruhan. Pengujian kelayakan buku saku pembelajaran dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kalasan sejumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Proses pembuatan buku saku pengolahan bahan serealia dan umbi pada muffin dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu a) Identifikasi potensi dan masalah, b) Pengumpulan informasi dari guru Prakarya, c) Desain produk dilakuakan dengan bantuan progam CorelDraw X4, d) Validasi produk oleh ahli media dan materi, e) Perbaikan produk berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media, dan uji coba produk dilakukan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Kalasan. Buku saku berisi, materi bahan pangan setengah jadi dari serealia dan umbi, jenis-jenis serealia dan umbi, prosedur kerja, materi muffin, bahan dan alat yang digunakan untuk muffin dengan gambar step by step, resep-resep produk muffin, karakteristik produk dan cara pengemasan produk. 2) Tingkat kelayakan buku saku pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya berdasarkan ahli media termasuk kategori layak sebesar 12,90% sedangkan pada kategori sangat layak sebesar 87,09% dan berdasarkan ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 16,12% pada kategori layak dan 83,87% pada kategori sangat layak. Secara keseluruhan, pembuatan buku pengayan pembelajaran pada mata pelajaran Prakarya pada kategori sangat layak sebesar sebesar 83,87% dan kategori layak sebesar 16,12%. Hal ini menunjukkan bahwa buku saku pembelajaran mata pelajaran Prakarya secara keseluruhan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kalasan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Nani Ratnaningsih, S.T.P.,M.P (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: buku saku pembelajaran, mata pelajaran Prakarya, pengolahan bahan pangan serealia dan umbi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:42
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59461

Actions (login required)

View Item View Item