LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

ANANTO TRI RAMADHAN, ANANTO TRI RAMADHAN (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU Ananto 12520244032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) UNY merupakan sebuah program wajib bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh pihak LPPM UNY bagi seluruh mahasiswa jenjang S1 Kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang berifat praktik, aplikatif dan terpadu untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan mahasiswa selama menjalani perkuliahan kepada siswa di sekolah sebagai seorang pendidik. Program ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata agar nantinya mahasiswa tersebut dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya, Salah satu caranya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PLT UNY di SMK Piri 3 Yogyakarta Tahun 2017 ini. Lokasi kegiatan program PPL UNY tahun 2017 terletak di SMK Piri 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan MT Haryono 23, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam periode waktu dua bulan yaitu dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Sebelum mahasiswa terjun dalam program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), mahasiwa melaksanakan kegiatan pra PLT yaitu pembelajaran mikro (Micro Teaching) untuk melatih mahasiswa dalam praktik mengajar dalam skala kecil, pembekalan yang dilakukan oleh masing – masing jurusan, dan melakukan observasi kelas. Rencana program PPL dirumuskan berdasarkan hasil observasi ke lokasi dan koordinasi dengan guru pengampu mata pelajaran dan guru pendamping lapangan. Dari hasil observasi tersebut diperoleh gambaran mengenai media penunjang pembelajaran, , teknik pengelolaan kelas, dan teknik pengelolaan waktu. Serangkaian program kerja PLT SMK Piri 3 Yogyakarta telah terlaksana dengan baik, walaupun pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain hambatan program PLT ini juga memberikan manfaat yang dapat diperoleh yaitu mendapatkan pengalaman mengajar (dari sisi mahasiswa) dan dapat terbiasa berbagi ilmu dalam belajar dan berlatih mengerjakan tugas mandiri (dari sisi siswa).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PLT 2017, SMK PIRI 3 Yogyakarta
Subjects: Manajemen
LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59458

Actions (login required)

View Item View Item