LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Atika Hamami Fadilla, Atika Hamami Fadilla LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT DILLA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakulikuler. Oleh karena pelaksanaan PLT yang langsung berinteraksi/berhadapan dengan peserta didik, maka dibutuhkan persiapan yang matang. Maka dari itu, pihak Universitas Negeri Yogyakarta memberi pembekalan khusus tentang pelaksanaan PLT dalam menyiapkan tenaga pendidik. Pengetahuan dan keterampilan diberikan untuk mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Sekolah Menengah Kejuruan PIRI 3 Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan MT. Haryono 23, Mantrijeron, Suryodiningratan, Yogyakarta adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PLT mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama 2 bulan. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Dalam kegiatan PLT ini, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar yang terbimbing. Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 6 kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode diskusi, tanya jawab, ceramah dan cooperative learning. Praktikan telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 13 kali selama kegiatan PLT berlangsung. Mengampu mata pelajaran Kearsipan dengan tatap muka 2 kali seminggu dan setiap minggunya praktikan mengajar selama 2 jam. Secara keseluruhan program kerja PLT terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti pengelolaan kelas yang terkadang sulit untuk dikondisikan. Namun, semua itu merupakan sebuah proses untuk menuju yang lebih baik lagi. Dengan adanya Praktik Lapangan Terbimbing ini, praktikan mendapatkan banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional dan memiliki keterampilan mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Mahasiswa, SMK PIRI 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59456

Actions (login required)

View Item View Item