LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Nisrina Khairunnisa, Nisrina Khairunnisa (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PLT NISRINA.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA mulai tanggal 15 September 2017 sampai drngan 15 November 2017. Praktik Lapangan Terbimbing bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa agar mendapatkan pangalaman kerja tentang proses pembekajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan. Pengalaman kerja tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri untuk menjadi tenaga pembimbing dan pendidik yang profesional. Pada Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang akan dilaksanakan di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA praktikan atau mahasiswa akan melakukan program kerja Bimbingan dan Konseling. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing Bimbingan dan Konseling, praktikan melaksanakan beberapa program kerja yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang meliputi bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Layanan orientasi seperti pengenalan dunia kerja atau perkuliahan dan layanan informasi seperti diskusi-diskusi kecil pada saat melakukan bimbingan klasikal maupun diluar kegiatan belajar mengajar juga diberikan kepada peserta didik melalui praktikan. Program layanan konseling individu dan konseling kelompok juga diberikan kepada peserta didik yang mengalami permasalahan secara internal maupun eksternal. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan lima materi yang berbeda di dalam bimbingan bidang pribadi, soaial, belajar dan karir. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama pelaksanaan PLT ini meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan klasikal meliputi bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Layanan responsif berupa konseling individu dilaksanakan sebanyak sekali, konseling kelompok dilaksanakan sebanyak sekali, layanan informatif dan home visit terhadap peserta didik dilaksanakan sekali dan praktikan juga membuat papan bimbingan untuk informasi peserta didik mengenai bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Namun, ada beberapa perencanaan program kerja Bimbingan dan Konseling yang tidak dapat terlaksana seperti bimbingan kelompok, ahli tangan kasus, kolaborasi dengan wali kelas maupun orang tua peserta didik dan bimbingan teman sebaya. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut praktikan menjadi mengerti dan dituntut untuk tampil dalam mngerjakan kegiatan administrasi disekolah khususnya BK. Di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA, mahasiswa melakukan bimbingan klasikal sebanyak 8 kali yaitu dikelas X AP, X AK, XI AP, XI AK, XI MM, XII AP, XII AK dan XII MM. Dari pemberian bimbingan klasikal tersebut, praktikan mendapat kesempatan untuk belajar menghadapi siswa dari berbagai macam latar belakang dan memiliki karakteristik yang berbedabeda. Selain itu praktikan juga belajar bersosialisasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan seluruh guru maupun karyawan yang ada di SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Dalam hal tersebut praktikan belajar untuk menjadi seorang konselor sekolah yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK PIRI 3 YOGYAKARTA, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59455

Actions (login required)

View Item View Item