PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PEMBUATAN SIRUP DAN KERIPIK PISANG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DI SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Musdaniati, Ulfah Retno (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING PEMBUATAN SIRUP DAN KERIPIK PISANG PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN DI SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI ulfa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui pengembangan video pembelajaran Student Centered Learning pembuatan sirup dan keripik pisang pada mata pelajaran teknik pengolahan hasil pertanian di SMK Negeri 1 Pandak Bantul (2) Mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran Student Centered leraning pembuatan sirup dan keripik pisang pada mata pelajaran teknik pengolahan hasil pertanian di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta dan di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Waktu penelitian dilaksanakan pada Juli 2017- juni 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket uji Kelayakan. Produk diuji kelayakannya oleh 2 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 30 orang siswa kelas X jurusan Teknik Pengolahan Hasil Pertanian di SMK Negeri 1 Pandak Bantul. Analisa data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: Hasil penelitian ini adalah: (1) Video pembelajaran Student Centered Learning pembuatan sirup dan keripik pisang pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Hasil Pertanian yang dikembangkan memiliki durasi 15 menit dan 10 menit. Pengembangan video dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: a) Define (analisis kebutuhan), b) Design (perancangan), c) Develop (pengembangan), Disseminate (penyebarluasan). Video pembuatan sirup disebarluaskan melalui e-learning dan YouTube channel Boga UNY dengan URL https://www.youtube.com/watch?v=_ XDIUK3fg0Q dan https://www.youtube.com/watch?v=Duf5XrzhDKg&t=15s. (2)Hasil uji kelayakan video pembuatan sirup oleh ahli materi sebesar 95,31%, oleh ahli media sebesar 96,98% dan oleh siswa sebesar 85,08% sehingga termasuk kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji kelayakan video pembuatan keripik pisang oleh ahli materi sebesar 94,68%, oleh ahli media sebesar 96,98% dan oleh siswa sebesar 86,08% sehingga termasuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Andian Ari Anggraeni, M.Sc (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Video, Student Centered Learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59449

Actions (login required)

View Item View Item