Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri SMA Kelas X Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy

Syarafina, Dita Nur (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri SMA Kelas X Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berorientasi pada Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dita-nur-syarafina-16709251003.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Trigonometri SMA Kelas X berbasis pendekatan penemuan terbimbing yang berkualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria valid, praktif, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini terdiri dari RPP dan LKS yang berorientasi pada kemampuan representasi matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE dengan tahap-tahap: (1) tahap analisis yang mencakup analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik siswa SMA; (2) tahap perancangan yang mencakup penyusunan rancangan RPP, penyusunan rancangan LKS, penyusunan instrumen tes kemampuan representasi matematis, dan penyusunan instrumen angket self-efficacy; (3) tahap pengembangan mencakup validasi ahli dan revisi produk 1; (4) tahap implementasi mencakup uji coba terbatas dan uji coba lapangan; dan (5) tahap evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Banguntapan Bantul, 2 dosen ahli, dan 1 guru matematika di SMAN 1 Banguntapan Bantul. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi RPP, lembar validasi LKS, lembar validasi tes kemampuan representasi matematis, lembar validasi angket self-efficacy, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, tes kemampuan representasi matematis; dan angket self-efficacy. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkriteria valid. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berkriteria praktis. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika minimal 75% mencapai kriteria minimal tinggi berdasarkan tes kemampuan representasi matematis dan angket self-efficacy siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil penilaian aspek kevalidan RPP dan LKS dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 137,67 (valid) dan 138,67 (valid). Hasil penlaian aspek kepraktisan perangkat berdasarkan angket penilaian guru dan siswa secara berturut-turut diperoleh rata-rata skor 61,5 (praktis) dan 37,15 (praktis), sedangkan berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89% (praktis). Hasil penilaian keefektifan RPP dan LKS yang ditinjau dari tes kemampuan representasi matematis dan angket self-efficacy berturut-turut diperoleh persentase rata-rata 88,24% dan 91,18% yang memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, pendekatan penemuan terbimbing, Trigonometri, kemampuan representasi matematis, self-efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:25
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59443

Actions (login required)

View Item View Item