Pengaruh Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Lestari, Wahyu (2018) Pengaruh Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-lestari-16709251074.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiksan pengaruh strategi metakognitif pada pembelajaran bangun ruang sisi datar terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Dari empat kelas dipilih dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan strategi metakognitif dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik saja . Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan komunikasi matematis. Data anilisis menggunakan uji stastistik mutivariat dan univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik menggunakan strategi metakognitif pada pembelajaran bangun ruang sisi datar terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Berdasarkan hasil analisis menunjukan pendekatan saintifik menggunakan strategi metakognitif lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Namun sebaliknya tidak ada pengaruh pembelajaran pada materi bangun ruang sisi datar dengan pendekatan saintifik menggunakan strategi metakognitif terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik menggunakan strategi metakognitif, prestasi belajar, kemampan penalarn, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:17
Last Modified: 03 Sep 2018 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59441

Actions (login required)

View Item View Item