Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Problem Solving Berorientasi pada Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang SMP

Pratama, Loviga Denny (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Edutainment Berbasis Problem Solving Berorientasi pada Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Materi Bangun Ruang SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-loviga-denny-pratama-16709251075.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni mendeskripsikan karakteristik dan tingkat kelayakan media pembelajaran matematika edutainment berbasis problem solving berorientasi pada minat dan pemahaman konsep materi bangun ruang SMP Kelas VIII. Media edutainment yang digunakan dikemas melalui game pada smartphone serta disusun berdasarkan tahapan problem solving. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan multimedia pembelajaran yang dikembangkan oleh Alessi & Trollip (2001). Tahapan model pengembangan ini yakni perancangan, desain, dan pengembangan. Adapun instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, angket respon siswa, angket minat belajar siswa, dan tes pemahaman konsep. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika edutainment yang dikembangkan memiliki karakteristik diantaranya media dapat memfasilitasi pembelajaran dengan metode problem solving; media dilengkapi dengan halaman home, informasi tambahan, ruang bermain, konten materi, dan quiz; konten quiz menggunakan soal-soal berbasis masalah; media dapat memvisualisasikan konsep bangun ruang sisi datar yang bersifat abstrak menjadi lebih kongkrit; serta media dikemas dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone. Adapun tingkat kelayakan media diperoleh hasil berupa kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan media ini berada dalam kategori baik berdasarkan penilaian ahli materi dan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli media. Kepraktisan media ini berada dalam kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru dan kategori baik berdasarkan penilaian siswa. Media ini juga efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep seperti yang ditunjukkan pada peningkatan skor minat belajar dengan 84,84% siswa memiliki minat belajar pada kategori minimal tinggi, serta pada tes pemahaman konsep 87,88% siswa tuntas dengan rerata nilai mencapai 83 dari nilai maksimal 100. Temuan ini menambahkan ketersediaan media pembelajaran yang digunakan dalam belajar matematika terutama pada pembelajaran edutainment dan problem solving disekolah maupun di luar sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media, matematika, edutainment, problem solving, smartphone, pemahaman konsep, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:10
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59438

Actions (login required)

View Item View Item