PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMILIHAN BAHAN TAMBAHAN BUSANA PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN

Putri, Nirmala (2018) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMILIHAN BAHAN TAMBAHAN BUSANA PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NIRMALA PUTRI_1251324129_PTBB FT UNY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian kompetensi pemilihan bahan tambahan busana pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum diberikan treatment; (2) mengetahui pencapaian kompetensi pemilihan bahan tambahan busana pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan treatment; (3) mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap kompetensi pemilihan bahan tambahan busana pada kelas X. Pendekatan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X tata busana di SMK Ma’arif 2 Sleman, dimana kelas X tata busana 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X tata busana 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda (kognitif) dan non tes berupa lembar observasi sikap (afektif) serta lembar penilaian unjuk kerja (psikomotor). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi sebelum diberi perlakuan menunjukkan masih banyak siswa yang belum mencapai KKM; (2) pencapaian kompetensi setelah diberi perlakuan menunjukkan pada kelas kontrol 63% siswa sudah mencapai KKM dan pada kelas eksperimen 90% siswa sudah mencapai KKM; (3) terdapat pengaruh pada pencapaian kompetensi pemilihan bahan tambahan busana dibuktikan dengan perbandingan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen yang berpengaruh positif. Hal ini menunjukkan bahwa metode mind mapping dapat memberikan pengaruh pencapaian kompetesi pemilihan bahan tambahan busana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, pencapaian kompetensi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Sep 2018 00:50
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59434

Actions (login required)

View Item View Item