Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Terintegrasi Dalam Pembelajaran Hibrid Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Efikasi Diri Pada Materi Elektrokimia

Solikhin, Febrian (2018) Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Terintegrasi Dalam Pembelajaran Hibrid Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Efikasi Diri Pada Materi Elektrokimia. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-febrian-solikhin-16728251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) karakteristik laboratorium virtual kimia terintegrasi pembelajaran hibrid pada materi elektrokimia untuk peserta didikkelas XII SMA,(2) pengaruh penggunaan media laboratorium virtual kimia terintegrasipembelajaran hibrid pada materi elektrokimia terhadap prestasi belajar dan efikasi diri, dan (3) kualitas laboratorium virtual kimia terintegrasi pembelajaran hibrid pada materi elektrokimia ditinjau dari penilaian guru kimia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan media laboratorium virtual kimia terintegrasi pembelajaran hibrid dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Desain pengembangan ini terdiri ataslimatahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan ini diujicobakan dengan menggunakan tigakelas penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster-random-sampling. Kelaspertama adalah kelas kontrol yang menggunakan laboratorium konvensional, kelas kedua adalah kelas eksperimen 1 yang menggunakan laboratorium virtual sebagai pengganti laboratorium konvensional, dan kelas ketiga adalah kelas eksperimen 2 yang menggunakan laboratorium konvensional dan laboratorium virtual sebagai suplemen. Instrumen yang digunakan adalah angket efikasi diri dan soal prestasi belajar yang telah divalidasi empiris dan juga oleh ahli. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis dengan Manova untuk melihat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas tersebut. Kualitas media ini ditinjau dari 3 aspek utama, yaitu aspek materi, aspek pembelajaran, dan aspek teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) karakteristik media yang dihasilkan adalah berbasis web dan dapat dioperasikan melalui smartphone(IOS atau Android), tablet, laptop, dan layar komputer. Menu utama dalam media ini adalah kompetensi inti dan kompetensi dasar, material safety data sheet(MSDS) dari bahan yang digunakan, alat yang digunakan, praktikum secara virtual dan tugas. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas dengan laboratorium virtual sebagai suplemen dengan kelas yang menggunakan laboratorium konvensional dilihat dari prestasi belajar dan efikasi diri. Sedangkan kedua kelas apabila dibandingkan dengan kelas yang menggunakan laboratorium virtual sebagai pengganti tidak memiliki perbedaan yang signifikan.Pengaruh terhadap kedua variabel dan prestasi belajar masuk dalam kategori rendah, serta pengaruh terhadap efikasi diri masuk dalam kategori cukup.(3) Media laboratorium virtual yang dikembangkan ini memiliki kualitas sangat baik ditinjau dari aspek materi, pembelajaran dan teknik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, laboratorium virtual kimia, pembelajaran hibrid, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:00
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59433

Actions (login required)

View Item View Item