Supriyadi, Gusti Maulana (2018) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAMANSISWA JETIS. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
TAS_GUSTI MAULANA SUPRIYADI_14504244016_MANAJEMEN PESERTA DI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan manajemen peserta didik; (2) pelaksanaan manajemen peserta didik; (3) evaluasi dari pelaksanaan manajemen peserta didik; (4) tindak lanjut dari evaluasi manajemen peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelola manajemen peserta didik di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta dan objek penelitian adalah sistem manajemen peserta didik, mulai dari perencanaan peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, evaluasi hasil belajar peserta didik, serta mutasi peserta didik. Metode pengumpulan data dengan wawancara, onservasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Analisis data dengan model interaktif dari Miles dan Hebarman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan peserta didik melalui analisis kebutuhan peserta didik dengan menentukan daya tampung peserta didik baru dan menyusun program kerja sekolah; penerimaan peserta didik baru dengan membentuk panitia dan menyebar brosur penerimaan peserta didik baru; seleksi peserta didik baru dengan seleksi tertulis, fisik, dan wawancara; orientasi peserta didik baru yang meliputi pengenalan lingkungan ke dalam dan pengenalan lingkungan ke luar; penempatan peserta didik yang berdasarkan urutan pendaftaran; serta pencatatan dan pelaporan yang dilakukan untuk mengetahui kehadiran dan kondisi peserta didik; (2) pembinaan dan pengembangan peserta didik melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakulikuler. Proses pembelajaran menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan masih dengan metode ceramah. Kegiatan ekstrakulikuler dilaksanakan setelah kegiatan pembelajaran selesai; (3) evaluasi hasil belajar peserta didik yang melalui ulangan harian, tugas-tugas, ujian praktik, UTS, dan UAS. Serta penilaian peserta didik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan; (4) Mutasi peserta didik melalui kenaikan kelas, peserta didik pindahan, dan kelulusan peserta didik. Kenaikan kelas peserta didik memperhatikan syarat yang ada, dan untuk peserta didik pindahan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peserta Didik, Sekolah Menengah Kejuruan |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 00:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59431 |
Actions (login required)
View Item |