PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Annisa, Destiana Nur (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_14803241069_Destiana Nur Annisa.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 31 siswa pada siklus I dan 29 siswa pada siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi Aktivitas Belajar Akuntansi siswa, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta meningkat setelah diberi tindakan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jumlah siswa yang telah memenuhi skor Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus I sebanyak 5 siswa (16,13%) dan pada siklus II sebanyak 29 siswa (100%). Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi pada siklus I sebesar 67,96% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 85,98%. Peningkatan skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 18,02%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Akuntansi, Problem Based Learning
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59430

Actions (login required)

View Item View Item