PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI POKOK GRAVITASI UNTUK SMK KELAS X

Jaya Sudarsono, Agung Yuda (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI POKOK GRAVITASI UNTUK SMK KELAS X. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AGUNG_YUDA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang, membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran fisika materi pokok gravitasi untuk SMK kelas x. Media pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana pendukung dalam proses belajar-mengajar di SMK. Metode penelitian ini adalah Research and Development (penemuan, pengembangan dan pengujian produk) yang bersifat longitudinal (beberapa tahap). Adapun tahap – tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut : 1) analisis kebutuhan, 2) mengembangkan desain pembelajaran, 3) mengimplementasikan 4) melakukan pengujian terhadap produk hasil pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket tertutup. Pada tahap validasi melibatkan ahli media pembelajaran dan ahli materi yaitu sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan para siswa digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran fisika materi pokok gravitasi untuk SMK kelas x. Hasil uji kelayakan menurut ahli materi ditinjau dari aspek kualitas materi diperoleh persentase sebesar 88 % (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek evaluasi diperoleh persentase 88% (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek kemanfaatan materi diperoleh persentase 100% (kategori sangat layak) sehingga total persentase adalah 92% (kategori sangat layak). Menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek desain mendapatkan persentase sebesar 77% (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek kejelasan informasi 79% (kategori sangat layak), dan juga ditinjau dari aspek manfaat sebesar 75% (kategori layak) sehingga total persentase adalah 77% (kategori sangat layak). Hasil uji pemakaian dari siswa memperoleh persentase sebesar 79.57 %. Tingkat validitas secara keseluruhan dari semua responden adalah 83.46 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran dalam penelitian ini sangat layak digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar di SMK. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Gravitasi SMK kelas x

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 09:45
Last Modified: 19 Sep 2012 09:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5943

Actions (login required)

View Item View Item