Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle 5E Untuk meningkatkan Practical Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP/MTs

Pangestika, Dwi Safriani (2018) Pengembangan Panduan Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle 5E Untuk meningkatkan Practical Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP/MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dwi-safriani-pangestika-16708251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E yang valid dan praktis, serta (2) mendapatkan hasil uji keefektifan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E untuk meningkatkan practical skills dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan empat tahapan model 4D yang meliputi tahap define, design, develop dan disseminate. Data dikumpulkan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, lembar respon siswa terhadap keterbacaan panduan praktikum IPA, lembar observasi practical skills dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model learning cycle 5E, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal hasil belajar kognitif siswa. Validasi panduan praktikum dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Ngawi. Subjek uji coba terbatas dilakukan pada 12 orang siswa. Uji coba lapangan dilakukan dua kelas yang terdiri dari 33 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan produk panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E dan 32 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang menggunakan panduan praktikum konvensional. Uji coba lapangan utama menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Kelayakan panduan praktikum IPA dianalisis menggunakan tabel klasifikasi 5 kategori secara kualitatif. Efektifitas panduan praktikum IPA dianalisis menggunakan uji multivariat dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan dinyatakan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA, dan (2) penerapan panduan praktikum IPA berbasis learning cycle 5E efektif untuk meningkatkan practical skills dan hasil belajar kognitif (Dimensi pengetahuan: Mengingat, Memahami, Mengaplikasi dan Menganalisis) siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Ngawi dibuktikan dari nilai signifikansi dari uji Wilks’ Lambda sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5%, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan practical skills dan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: panduan praktikum IPA, learning cycle 5E, practical skills, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:46
Last Modified: 09 May 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59419

Actions (login required)

View Item View Item