Keefektifan Peer Tutoring dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Ditinjau dari Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap Matematika Siswa Slow Learner

Putranto, Sumbaji (2018) Keefektifan Peer Tutoring dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Ditinjau dari Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Sikap Matematika Siswa Slow Learner. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-sumbaji-putranto-16709251028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode peer tutoring dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap matematika siswa slow learner. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini dipilih menggunakan convenience sampling dari siswa slow learner kelas VII Sekolah Menengah Pertama yang terdiri dari 31 siswa yang tersebar ke dalam tiga kelas inklusif. Penentuan siswa slow learner didasarkan pada hasil tes intelegensi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk pretest dan posttest untuk mengukur pencapaian pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah serta instrumen non-tes berupa angket untuk mengukur sikap matematika siswa. Kriteria keefektifan dalam penelitian ini didasarkan pada 1) rata-rata hasil posttest lebih tinggi dibandingkan pretest untuk pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah serta rata-rata skor angket akhir lebih tinggi dibandingkan skor angket awal untuk sikap matematika yang dianalisis menggunakan uji paired t-test, dan 2) lebih dari 75% siswa memperoleh hasil posttest di atas kriteria ketuntasan minimal untuk pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah serta 75% siswa memperoleh skor angket akhir minimal baik untuk sikap matematika yang dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode peer tutoring dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, dan sikap matematika siswa slow learner.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peer tutoring, pendidikan matematika realistik, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, sikap matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:31
Last Modified: 14 Nov 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59417

Actions (login required)

View Item View Item