LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Okta Lesagia, Okta Lesagia (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14202244003_OKTA LESAGIA_PEND. BAHASA INGGRIS.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajarinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan belajar-mengajar SMP Negeri 9 Yogyakarta dilakukan dengan sistem Full Day School (FDS) sehingga kegiatan belajar mengajar hanya dilakukan selama 5 hari dalam satu minggu. Terdapat banyak kegiatan yang bersifat kulikuler dan ekstrakulikuler. Sebagian besar kegiatan yang ada di sekolahan diorientasikan untuk keagamaan. Mahasiswa PLT mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masingmasing. Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VII. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti upacara setiap hari Senin dan hari besar Nasional dengan mengikuti upacara bendera serta melakukan tugas piket. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa PLT dalam praktiknya meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, Soal dan Lembar Penilaian tugas siswa, konsultasi dengan guru pembimbing, serta melakukan evaluasi bersama dengan guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa PLT juga mengikuti atau mendampingi ekstrakurikuler. Praktikan ini mengikuti pendampingan ekstrakurikuler KIR dan English Speaking Club (ESC). Sedangkan kegiatan utama PLT adalah melakukan praktik pembelajaran di kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, dan VII F. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak minimal 8 kali. Banyak dinamika yang harus dilalui selama pelaksanakan PLT, tetapi semua dapat teratasi dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan warga sekolah seperti pihak birokrasi, guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan PLT dapat memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMPN 9 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59411

Actions (login required)

View Item View Item