LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) BK PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017 SMP N 9 YOGYAKARTA

Wahyu Ramdhanika Wulan, Wahyu Ramdhanika Wulan (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) BK PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 NOVEMBER 2017 SMP N 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14104241005_WAHYU RAMDHANIKA WULAN_BIMBINGAN KONSELING.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan matakuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program Pendidikan dari atau jurusan atau program studi apapun di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PLT merupakan upaya peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggara proses pembelajaran. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMP 9 Yogyakarta mulai tanggal 15 September 2017 s/d 15 November 2017. PLT ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memperoleh pengalaman factual tentang proses pembelajaran dan berinteraksi langsung dengan dunia Pendidikan. Pengalaman tersebut dapat digunakan sebagai bekal pengembangan diri menjadi tenaga pembimbing dan pendidik yang professional. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang akan dilaksanakan di SMP N 9 Yogyakarta praktikan akan melaksanakan program kerja Bimbingan dan Konseling. Program kerja yang akan dilaksanakan oleh praktikan di kegiatan PLT yaitu layanan dasar berupa bimbingan klasikal yang mencakup empat bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir, lalu layanan orientasi berupa pengenalan kepada peserta didik mengenai studi lanjut pasca SMP, layanan informasi yang akan diberikan berupa tanyangan video atau film. Praktikan juga akan memberikan layanan responsive berupa konseling individual dan kelompok. Dalam pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP N 9 Yogyakarta, praktikan melaksanakan layanan dasar berupa bimbingan klasikal dengan delapan materi yang berbeda di dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir. Pengalaman yang diperoleh praktikan selama melaksanakan PLT meliputi pengalaman pemberian layanan bimbingan klasikal, memberikan layanan konseling individu dengan berbagai macam masalah yang dihadapi peserta didik atau konseli dan melaksanakan konseling kelompok. Selain itu, praktikan juga memperoleh pengetahuan baru mengenai pengelolaan administrasi BK, pengelolaan administrasi BK yang ada di SMP N 9 Yogyakarta, budaya-budaya yang dikembangkan di sekolah, dan masih banyak lagi. Selama kegiatan PLT, praktikan melaksanakan bimbingan klasikal sebanyak 10 kali di kelas VII, VIII dan IX.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP N 9 Yogyakarta, Layanan Bimbingan dan Konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59407

Actions (login required)

View Item View Item