LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Ego Prasetya, Ego Prasetya (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13205241062_EGO PRASETYA_PENDIDIKAN BAHSA JAWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu institusi pendidikan selalu mempertahankan dan mengembangakan fungsi untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan, sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal kepada mahasiswa berupa serangkaian mata kuliah praktik antara lain Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Tujuan dari pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masingmasing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang profesional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Mahasiswa PLT mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing. Praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa kelas VII dan IX. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar Nasional dengan mengikuti upacara bendera serta melakukan tugas piket. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa PLT dalam praktiknya meliputi pembuatan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Soal dan Lembar Penilaian tugas siswa, konsultasi dengan guru pembimbing, serta melakukan evaluasi bersama dengan Guru Pembimbing. Selain itu, mahasiswa PLT juga mengikuti atau mendampingi ekstrakurikuler. Sedangkan kegiatan utama PLT adalah melakukan praktik pembelajaran di kelas VII A, VII B, VII C, IX A, IX B, IX C. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak minimal 8 kali. Banyak dinamika yang harus dilalui selama pelaksanakan PLT, tetapi semua dapat teratasi dengan adanya komunikasi dan kerjasama yang baik dengan warga sekolah seperti pihak viii birokrasi, guru pembimbing dan juga siswa. Dengan demikian kegiatan PLT dapat memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, praktik mengajar, sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59405

Actions (login required)

View Item View Item