PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO TAHUN AJARAN 2017/2018

Santosa, Prasetya Yoga (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_14803241006_Prasetya Yoga Santosa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (2) Pengaruh Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Karangmojo yang berjumlah 44 siswa. Uji coba instrumen dilakukan untuk menguji validitas dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Pengumpulan data Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru menggunakan angket sedangkan untuk data Prestasi Belajar Perbankan Dasar menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx1y (0,537), r2 x1y (0,288). (2) terdapat pengaruh positif Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Karangmojo Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx2y (0,330), r2 x2y (0,109). (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai Ry(1,2) (0,672), R2 y(1,2) (0,462). Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 66,42% dan Sumbangan Efektif 44,64%. Sumbangan Relatif Metode Mengajar Guru 33,58% dan Sumbangan Efektif sebesar 22,56%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Perbanakan Dasar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 17:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59404

Actions (login required)

View Item View Item