Santosa, Prasetya Yoga (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH KARANGMOJO TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
Skripsi_14803241006_Prasetya Yoga Santosa.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (2) Pengaruh Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Karangmojo yang berjumlah 44 siswa. Uji coba instrumen dilakukan untuk menguji validitas dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Pengumpulan data Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru menggunakan angket sedangkan untuk data Prestasi Belajar Perbankan Dasar menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan uji hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx1y (0,537), r2 x1y (0,288). (2) terdapat pengaruh positif Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Karangmojo Tahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai rx2y (0,330), r2 x2y (0,109). (3) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbanakan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah KarangmojoTahun Ajaran 2017/2018 dengan nilai Ry(1,2) (0,672), R2 y(1,2) (0,462). Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 66,42% dan Sumbangan Efektif 44,64%. Sumbangan Relatif Metode Mengajar Guru 33,58% dan Sumbangan Efektif sebesar 22,56%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Perbanakan Dasar |
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Admin Akuntansi FE |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 02:17 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59404 |
Actions (login required)
View Item |