Pengembangan E-Learning Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2010/2011

Jaya, Muhammad Tonykha (2011) Pengembangan E-Learning Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas X SMA Negeri 1 Tayu Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Pengembangan_E.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk e-Learning mata pelajaran TIK di SMA N 1 Tayu. (2) Mengetahui tingkat kelayakan produk e-Learning pada mata pelajaran TIK kelas X di SMAN 1 Tayu. (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMAN 1 Tayu dengan memanfaatkan e-Learning. Penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dan penelitan deskriptif kuantitatif. Research yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menguji keefektifan produk. Development dalam penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk. Penelitian deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Tujuan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah untuk megetahui tanggapan siswa terhadap produk e-Learning dan peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan e-Learning. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 154 siswa terdiri dari kelas (X-A, X-C, X-D, dan X-E). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview (wawancara), kuesioner, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil pengembangan e-Learning dapat diakses dengan URL: http://smanta-elearning.orgfree.com; (2) Tingkat kelayakan e-Learning sebagai media pembelajaran diuji dengan evaluasi formatif. Hasil pengujian menunjukkan besarnya tingkat kelayakan dari ahli materi dengan skor rata-rata “4,01” kategori “layak”, besarnya tingkat kelayakan dari ahli media dengan skor rata-rata “3,94” kategori “layak”, besarnya tingkat kelayakan dari uji kelompok kecil dengan skor rata-rata “4,07” kategori “layak”, dan besarnya tingkat kelayakan dari uji lapangan memperoleh rata-rata “3.99” dengan kategori “layak”. (3) Peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan e-Learning diukur berdasarkan hasil belajar siswa kelas X-A, X-C, X-D, dan X-E. Hasil belajar siswa sebelum memanfaatkan e-Learning pada mata pelajaran TIK diperoleh rata-rata nilai siswa 73,73 sedangkan hasil belajar siswa sesudah memanfaatan e-Learning pada mata pelajaran TIK diperoleh hasil rata-rata nilai siswa 82,24. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan e-Learning 77,92% dari 154 siswa. Kata Kunci: Pengembangan e-Learning, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 09:48
Last Modified: 29 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item