PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA

Wardani, Diana Kusuma and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN MAJALAH FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_DIANA KUSUMA W_14302244012.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk majalah fisika berbasis contextual learning yang layak digunakan dalam pembelajaran pada materi pokok getaran harmonik; 2) mengetahui besar peningkatan minat belajar fisika siswa dengan menggunakan majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning; dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model yang digunakan adalah 4D Models (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap define dilakukan beberapa langkah yaitu analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan penyusunan majalah dan perancangan awal majalah. Pada tahap develop dilakukan validasi oleh dosen pendidikan fisika sebagai ahli dan guru fisika SMA sebagai praktisi, kemudian dilanjutkan dengan revisi I, uji coba terbatas, dan terakhir uji coba lapangan. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarluaskan produk majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning pada beberapa siswa dan guru fisika SMA Negeri 2 Sleman. Hasil peningkatan minat belajar diperoleh melalui pengisian angket minat sedangkan peningkatan hasil belajar diperoleh melalui pengerjaan soal pretest dan posttest. Penelitian ini menghasilkan: 1) media pembelajaran majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika dengan kategori sangat baik; 2) peningkatan minat belajar fisika siswa pada kedua kelas berada dalam kategori rendah dengan nilai standard gain sebesar 0,07 untuk kelas kontrol dan 0,29 untuk kelas eksperimen; 3) peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif pada kedua kelas berada dalam kategori sedang dengan nilai standard gain sebesar 0,34 untuk kelas kontrol dan 0,51 untuk kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: majalah fisika Physics Magz berbasis contextual learning, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 04 Sep 2018 00:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59392

Actions (login required)

View Item View Item