PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO

Fangestika, Devy (2018) PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI GEMBONGAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
DEVY FANGESTIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD N Gembongan. Penelitian ini memaparkan informasi terkait pelaksanaan, faktor penghambat, serta faktor pendukung pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD N Gebongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Gembongan telah melaksanakan GLS ditinjau dari komponen litrerasi, prinsip literasi, dan tahapan literasi. Tahapan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah dijabarkan sebagai berikut: 1) Tahap pembiasaan, sekolah telah terdapat lembar literasi, kegiatan 15 menit membaca sebelum pembelajaran, adanya bahan kaya teks di masing-masing kelas, tersedia perpustakaan, sudut baca, serta poster kampanye membaca yang mendukung kegiatan literasi.2) Tahap pengembangan, sekolah memiliki koleksi buku pengayaan yang bervariasi, kegiatan 15 menit membaca, kegiatan menanggapi bacaan, serta kegiatan yang mengapresiasi capaian literasi. 3) Tahap pembelajaran, terdapatkegiatan menanggapi bacaan serta strategi membaca untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Faktor yang mendukung kegiatan literasi antara lain sosialiasi melalui paguyuban, pengadaan lokakarya dan pendampingan dalam meningkatan kapasitas guru melalui pelatihan bersama USAID Prioritas, penyediaan sarana prasarana serta dana. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah labilnya semangat peserta didik, kondisi peserta didik lebih siap terlebih dahulu daripada guru, dukungan pihak luar yang masih minim, serta sekolah belum mendapat pendampingan operasional untuk meningkatkan pelaksanaan program. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, SD N Gembongan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 06:55
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59390

Actions (login required)

View Item View Item