PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK MEMBACA SCANNING PADA SISWA KELAS IVA SD 1 KADIPIRO KASIHAN BANTUL

Parasdyanto, Hutomo (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK MEMBACA SCANNING PADA SISWA KELAS IVA SD 1 KADIPIRO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hutomo Parasdyanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan teknik scanning pada siswa kelas IVA SD 1 Kadipiro Bantul. Penelitian dilakukan karena keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD 1 Kadipiro yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian berlangsung dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes keterampilan membaca pemahaman dan catatan lapangan. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan rumus korelasi product moment dan dikonsultasikan dengan ahli. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis catatan lapangan yang dilakukan dari awal hingga akhir proses pembelajaran sedangkan teknik deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data hasil tes keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunanakan teknik scanning dapat meningkatkan keaktifan yang ditandai dengan 8 siswa aktif bertanya pada siklus 1, meningkat menjadi 18 siswa yang berani mengungkapkan jawabannya pada siklus 2 dan antusias siswa meningkat yang ditandai dengan berkurangnya kegaduhan di kelas serta keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD 1 Kadipiro. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa sebesar 12,5 (kondisi awal 67,64 meningkat menjadi 80,14 pada siklus II) dan peningkatan ketercapaian kriteria ketuntasan siswa sebesar Pencapaian kriteria ketuntasan juga mengalami peningkatan sebesar 35,3% (kondisi awal 44,11 meningkat menjadi 79,41 pada siklus II). Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman, teknik scanning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:56
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59386

Actions (login required)

View Item View Item