PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS PAKUALAMAN KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA

Ni’mah, Faiqoh Hayatun (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS PAKUALAMAN KECAMATAN PAKUALAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Faiqoh Hayatun Ni'mah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar IPS dan keterampilan sosial pada siswa kelas IV SD di Gugus Pakualaman Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih di bawah nilai KKM dan rendahnya keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan tipe NonEquivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model cooperative learning tipe time token, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS dan keterampilan sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD di Gugus Pakualaman. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas IV SDN Margoyasan sebagai kelas kontrol dan kelas IV SD Islamiyah Pakualaman sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur hasil belajar IPS dan angket untuk mengukur keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata akhir hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 72,82 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 81,37 dan rerata akhir keterampilan sosial siswa pada kelas kontrol sebesar 8,86 dan kelas eksperimen 9,84. Hasil uji t-test hasil belajar sebesar 0,043 dan t-test keterampilan sosial sebesar 0,012 atau dengan kata lain kedua hasil uji t-test < 0,05. Dengan demikian, dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model cooperative learning tipe time token terhadap hasil belajar IPS dan keterampilan sosial pada siswa kelas IV SD di Gugus Pakualaman Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Kata kunci: model cooperative learning tipe time token, hasil belajar IPS dan keterampilan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59385

Actions (login required)

View Item View Item