PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI BOGEM 1 KALASAN SLEMAN

Rakhmanto, Yoga (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI BOGEM 1 KALASAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Yoga Rakhmanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia untuk kelas V yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengdaptasi model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap Develop karena keterbatasan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman dengan subjek penelitian siswa kelas 5. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif yang dihasilkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPS kelas V SD Negeri Bogem 1 Kalasan Sleman. Kelayakan multimedia interaktif ini dapat dilihat dari: 1) hasil akhir validasi ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,4, 2) hasil akhir validasi ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,33, 3) hasil uji coba produk yang dilakukan oleh oleh siswa sebanyak tiga tahap, tahap pertama yaitu uji coba perorangan dengan skor rata-rata 4,46 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, tahap kedua yaitu uji coba kelompok kecil dengan skor rata-rata 4,45 yang termasuk kategori “Sangat Baik”, tahap ketiga yaitu uji coba lapangan dengan skor rata-rata 4,78 yang termasuk kategori “Sangat Baik”. Kata Kunci: multimedia interaktif, IPS, siswa kelas 5.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:45
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59383

Actions (login required)

View Item View Item