PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS II SD N BRENGOSAN 1 NGAGLIK SLEMAN

Rizki, Annisa Amalia (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA POP-UP BOOK PADA SISWA KELAS II SD N BRENGOSAN 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Annisa Amalia Rizki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui media pop-up book pada siswa kelas II SD N Brengosan 1 Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD N Brengosan 1 yang berjumlah 18 siswa dengan 12 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan media pop-up book dapat: 1) meningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi, dan 2) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SD N Brengosan 1 Ngaglik, Sleman. Peningkatan proses pembelajaran dapat ditunjukan dengan siswa terlibat secara aktif dalam aktivitas pembelajaran menulis deskripsi, perhatian siswa lebih meningkat, dan siswa sangat antusias ketika diberikan tugas menulis deskripsi. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata menulis deskripsi pada pra tindakan sebesar 67,38 menjadi 74,72 pada siklus I dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai standar ketuntasan rata-rata pada keterampilan menulis deskripsi juga mengalami peningkat dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Persentase siswa pada pra tindakan adalah 22,22%, naik menjadi 55,56% pada siklus I, dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan menulis deskripsi, siswa kelas II SD, media pop-up book.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59382

Actions (login required)

View Item View Item