PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN

Fathoni, Anang (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anang Fathoni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi Sistem Peredaran Darah kelas V di SD N Gadingan dan (2) mengetahui keefektifan multimedia interaktif materi Sistem Peredaran Darah kelas V dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD N Gadingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall yang dikombinasikan dengan pengembangan media Sadiman. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum di uji coba kepada siswa. Subjek uji coba penelitian berjumlah 26 siswa. Dua siswa pada uji coba lapangan awal, 10 siswa saat uji coba lapangan utama, dan 14 siswa saat uji coba lapangan operasional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket uji kelayakan ahli media, angket uji kelayakan ahli materi, angket uji kelayakan pengguna, dan uji efektifitas media dengan soal evaluasi. Multimedia interaktif Sistem Peredaran Darah yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk CD yang berisi program multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kelayakan multimedia interaktif menurut ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,5 (sangat baik) (2) kelayakan media multimedia interaktif menurut ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,2 (baik), (3) hasil uji coba lapangan awal mendapatkan skor rata-rata 4 (baik), (4) hasil uji coba lapangan utama mendapatkan skor rata-rata 4,13 (baik), (5) hasil uji coba lapangan operasional mendapatkan skor rata-rata 4,31 (sangat baik), dan (6) multimedia interaktif sistem peredaran darah efektif meningkatkan nilai rata-rata siswa sebesar 13,85 dengan presentase yang memenuhi KKM 88%. Berdasarkan hasil dari serangkaian proses uji kelayakan tersebut multimedia interaktif Sistem Peredaran Darah layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa. Kata kunci : multimedia interaktif, hasil belajar siswa, sistem peredaran darah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:58
Last Modified: 30 Jan 2019 16:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59377

Actions (login required)

View Item View Item